Instagram saat ini menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan. Jika dahulu hanya dikenal sebagai tempat untuk mengunggah foto dan video eksis, maka kini, Anda dapat menjadikan platform ini sebagai peluang bisnis. Lantas, peluang bisnis dari Instagram seperti apa sajakah yang bisa membawa keuntungan maksimal?
Ide Bisnis dari Instagram
Jika Anda tertarik dengan bisnis di Instagram, tentu Anda perlu memastikan terlebih dahulu bisnis seperti apa yang akan dijalankan. Dibanding hanya gabut scrolling postingan Instagram, berikut beberapa peluang bisnis yang bisa Anda coba.
1. Foto dan videografer
Instagram memang dikenal sebagai salah satu platform media sosial yang digunakan untuk mengunggah foto atau video. Manfaatkan saja fitur mendasar dari media sosial ini untuk mulai mencoba peluang bisnis dari Instagram pada bidang industri kreatif seperti fotografi hingga videografi.
Bagi Anda yang mempunyai kemampuan di bidang ini, tawarkan saja jasa tersebut melalui Instagram. Mulai dari jasa foto pernikahan, pemotretan model, produk, lokasi wisata, dan sebagainya. Semakin banyak portofolio yang di-upload di Instagram Anda, tentu akan membuat semakin banyak orang tertarik dan berpotensi mendatangkan hasil bisnis yang menjanjikan.
2. Product reviewer
Anda juga bisa menjajaki bisnis sebagai influencer yang juga berperan sebagai product reviewer. Sesuai namanya, peluang bisnis dari Instagram seperti ini dilakukan dengan mengulas suatu produk seperti make up, makanan, parfum, dan sebagainya.
Dengan demikian, akan ada banyak orang yang terpengaruh dengan postingan mengenai produk tersebut. Seiring berjalannya waktu, bisa saja akan ada banyak produsen atau pemilik bisnis lain yang akan menghubungi Anda untuk me-review produknya.
3. Fashion dan Kerajinan Tangan
Bisnis produk fashion seperti baju, celana, dan berbagai aksesoris pakaian juga bisa menjadi salah satu ide bisnis online yang bisa direalisasikan di Instagram. Baik itu sebagai produsen maupun reseller, semuanya dapat dilakukan melalui platform medsos ini.
Hal yang serupa juga dapat dilakukan dengan memasarkan berbagai kerajinan tangan seperti rajutan, barang-barang vintage, hingga berbagai produk unik lainnya. Yang terpenting, pastikan foto yang ditampilkan merupakan foto yang menarik dan dapat memikat para calon pelanggan.
4. Make-up artist (MUA)
Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang tata rias, Instagram bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memasarkan jasa Anda. Banyak MUA yang mengunggah video ataupun foto hasil karyanya untuk menarik atensi banyak orang sehingga dapat menjadi client.
Seperti yang kita tahu, Instagram merupakan salah satu media sosial yang berbasis visual. Tentu cocok buat para MUA di mana make-up sendiri mengandalkan media visual untuk dapat dilihat hasilnya. Jika hasil make-up Anda dinilai bagus oleh banyak orang, bukan tidak mungkin peluang bisnis dari Instagram ini akan berkembang dengan pesat.
5. Makanan dan Minuman
Bisnis F&B memang menjadi salah satu lini bisnis yang banyak diminati, terlebih makanan dan minuman memang menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Anda dapat memasarkan jasa pembuatan makanan dan minuman kekinian supaya semakin banyak lagi yang tertarik dan pada akhirnya membeli produk Anda tersebut.
Selain membuat makanan dan minuman, bisnis lain yang berhubungan dengan industri ini adalah melakukan review makanan ala food vlogger. Caranya pun cukup sederhana, yakni dengan datang ke tempat makan tertentu lalu mengulas rasa makanan tersebut.
Semakin lama, peluang bisnis dari Instagram bisa saja berkembang dengan pesat. Nantinya, Anda akan diminta oleh brand-brand makanan besar untuk mengulas produk makanannya tersebut. Tentu cara ini juga bisa menjadi salah satu strategi promosi dari tempat makan tersebut.
6. Media partner
Tidak sedikit mahasiswa atau anak-anak sekolah yang mencari dana kegiatan dengan menghubungi sejumlah media partner. Media partner inilah yang nantinya dapat mempromosikan event tersebut dengan kerja sama tertentu atau dengan imbalan yang sesuai.
Meski demikian, Anda juga dapat menjadikan media partner ini sebagai salah satu bisnis Instagram yang menarik. Caranya dengan membuat akun yang berfokus mempromosikan event tertentu. Semakin lama, followers akan terus bertambah sehingga nantinya Anda dapat memberikan tarif tertentu.
7. Content creator
Anda mempunyai berbagai portofolio seperti video atau foto lukisan, tulisan tangan (hand-writting), konten-konten digital, atau bahkan video cara memasak suatu bahan? Coba saja unggah di Instagram melalui fitur Reels. Fitur yang saat ini dikembangkan oleh Instagram memang menjadi salah satu media ampuh untuk mempromosikan suatu karya.
Bukan tidak mungkin, peluang bisnis dari Instagram seperti ini akan diminati banyak orang, terutama jika kontennya menarik dan tidak monoton. Jika dikembangkan secara serius, maka akan membuat akun Instagram Anda semakin berkembang dan konten-konten tersebut bisa dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan. Anda tertarik mencobanya?